Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download gratis buku panduan mengajar tpa/tpq

 

Download gratis buku panduan mengajar tpa/tpq

GUDANG SANTRI DIGITAL _ Download gratis buku panduan mengajar tpa/tpq

Sekilas tentang buku panduan mengajar TPA/TPQ

Al Qur’an memiliki kedudukan yang sangat agung dalam agama Islam. Al Qur’an adalah kitab suci terakhir yang Allah turunkan kepada umat manusia, sebagai petunjuk sekaligus penyempurna kitab-kitab sebelumnya.

Baca juga:

Mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an adalah sebaik-baik pekerjaan. Hal ini ditegaskan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam dalam sabda beliau: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al Qur’an dan mengajarkannya.”

Taman pendidikan Al Qur’an atau disingkat TPA/TPQ memiliki peranan penting sebagai tempat untuk mengajarkan Al Qur’an dan juga menanamkan dasar-dasar agama bagi generasi muda Islam.

Terbatasnya panduan dan referensi yang ada kadangkala menjadi permasalahan tersendiri dalam mengajar dan mengelola TPA. Oleh karena itu, buku ini disusun sebagai panduan penting bagi para pengajar dan pengelola TPA/TPQ. 

Buku ini berisi kumpulan materi TPA meliputi ilmu tajwid, doa-doa, dasar-dasar agama (rukun iman, rukun Islam, tauhid, adab), thaharah, tatacara sholat dan lainnya. Beberapa materi tambahan juga disedikan dalam buku ini seperti kumpulan hadits pilihan, bahasa Arab dasar, dan permainan-permainan sederhana.


Keutamaan Al Qur'an 

Al Qur’an memiliki kedudukan yang sangat agung dalam agama Islam. Al Qur’an adalah petunjuk hidup seorang muslim dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Dia adalah kitab terakhir yang Allah turunkan sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya.

 Dia Adalah mu’jizat terbesar Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wassalam. Al Qur’an adalah nasehat atau pelajaran dari Tuhan semesta alam. Dia juga sebagai obat dari segala penyakit hati, baik yang berbentuk syubhat (kerancuan pemikiran) maupun syahwat. Dia merupakan petunjuk, barangsiapa yang berpegang padanya tidak akan tersesat. 

Mengingat begitu agungnya kedudukan Al Qur’an, hendaknya kita berinteraksi sebaik-baiknya dengan Al Qur’an. Semampu mungkin kita berusaha menjadi ahli Qur’an. Seorang Ahli Al Qur’an senantiasa berusaha 

untuk membaca, mempelajari, mentadaburi, mengamalkan serta mendakwahkan isi Al Qur’an. Dalam sebuah haditsnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam menyatakan dengan tegas bahwa sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an. 


Unduh buku panduan mengajar TPA/TPQ

Harapan kami, buku ini dapat menjadi batu loncatan sekaligus rujukan bagi para pengajar TPA/TPQ. 

Untuk itu silahkan download buku panduan mengajar TPA/TPQ dengan mengklik tautan di bawah ini. 


UNDUH


Kesimpulan

Taman pendidikan TPA/TPQ merupakan salah satu tempat pendidikan sejak dini. Di tempat ini anak didik akan di kenalkan dengan huruf hijaiyyah sampai bisa membaca Al Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. 

Supaya para guru TPA/TPQ bisa mencapai target dalam mengajar, maka di butuhkan buku panduan. Dengan adanya buku panduan tersebut, seorang pengajar akan lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik. 

Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak sudah berkunjung pada situs gudang santri digital. 

Post a Comment for "Download gratis buku panduan mengajar tpa/tpq"