Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Safinatun Najah makna pesantren pdf gratis

Safinatun Najah makna pesantren pdf gratis


 GUDANG SANTRI DIGITAL _ Safinatun Najah makna pesantren pdf gratis

Ilmu fiqih dalam Islam memiliki kedudukan yang tinggi. Bagaimana tidak, semua rambu-rambu aturan antara yang halal, haram, makruh, mubah, wajib, sunah semua di atur di dalam ilmu fiqih. Begitu juga dengan tata cara sholat fardhu, sholat jenazah, puasa ramadhan dan seturusnya bisa di temukan dalam aturan ilmu fiqih. 

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan, kenapa ulama' terdahulu banyak yang menulis kitab yang bertajuk fiqih, mulai dari kitab fiqih yang ringan dan sederhana sampai kitab yang tebal dan lebih detail serta terperinci dalam penjelasannya. 

Sehingga pada perkembangan pendidikan selanjutnya, kitab-kitab fiqih tersebut di gunakan sesuai tingkat pembahasan dalam penerapan pendidikan. Kitab fiqih yang ringan dan sederhana di peruntukkan bagi tingkatan anak-anak (pemula) dan kitab fiqih yang lebih luas pembahasan di peruntukkan bagi lembaga pendidikan menengah keatas. Dengan demikian, bentuk penyajian dan penyampaian akan lebih mengena pada peserta didik. 

Dari sekian banyak kitab fiqih yang di kaji dan di pelajari di berbagai pondok pesantren dan lembaga pendidikan lainnya, ada salah satu kitab yang menurut saya pribadi ringkas dan sederhana tapi mengena bagi pengkaji fiqih pemula, yaitu kitab Safinatun Najah makna pesantren pdf. Seperti apa isi kandungan kitab tersebut? Yuk kita intip bersama-sama. 


Sekilas tentang kitab Safinatun Najah 


Kitab Safinatun Najah merupakan karya dari Syekh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al Hadhrami, yang mempunyai judul lengkap Safinatun Najah Fiima Yajibu ‘ala Abdi li Maulah yang mempunyai arti Perahu Keselamatan dalam Mempelajari Kewajiban Seorang Hamba kepada Tuhannya. 

Kitab ini secara keseluruhan berisi ilmu fiqih. Gaya pembahasan dan penulisan yang sederhana dan ringkas, di tambah lagi dengan penyajian yang sistematis, membuat kitab Safinatun Najah mudah di pelajari dan di pahami, khususnya bagi pemula (pelajar tahap ula). 

Adapun yang di ulas di dalam kitab Safinatun Najah antara lain tentang rukun islam, rukun iman, tanda-tanda baligh, arti kalimat tauhid, fardhu wudhu, perkara yang mewajibkan mandi, perkara yang merusak wudhu, tayamum dan sebab-sebabnya, macam-macam najis dan seterusnya. 

Dengan struktur kata dan bahasa yang ringan, memang kitab ini di peruntukkan buat para pemula pengkaji ilmu fiqih (anak-anak). 

Walaupun kitab ini terbilang kitab yang kecil, namun semua dasar-dasar hukum islam termuat di dalamnya. Hingga tak mengherankan, bila kitab ini banyak di kaji di pondok pesantren dan lembaga pendidikan seperti madrasah ibtidaiyah, karena memang kitab ini di tujukan buat anak-anak yang notabennya baru mengenal ilmu fiqih. 


Unduh kitab Safinatun Najah makna pesantren 

Safinatun Najah makna pesantren pdf gratis


Dengan kesederhanaan tata bahasa di dalam kitab Safinatun Najah, membuat kitab ini mudah di pahami bahkan untuk di hafalkan. 

Bagi temen-temen yang berkenan mempelajarinya, silahkan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkannya. 


NAMA KITAB : safinatun najah

PENULIS         : Syekh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al Hadhrami

BAHASA        : Arab makna pesantren 

HALAMAN    : 78 

FORMAT        : Pdf

SIZE                : 25 mb



GET NOW


Temen-temen juga bisa mendapatkan kitab Safinatun Najah dalam bentuk fisiknya di toko kitab terdekat. 

Baca juga :

Sekian semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share. 

Post a Comment for "Safinatun Najah makna pesantren pdf gratis"