Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kitab Tanqihul qoul makna pesantren

Kitab Tanqihul qoul makna pesantren


 MANGAN ENAK9 _ Kitab Tanqihul qoul makna pesantren

Bagi kalangan anak pesantren, kitab tanqihul qoul tentunya tidak asing lagi. Kitab ini sering di kaji dan di pelajari di berbagai pondok pesantren dan pendidikan Islam lainnya.

Sekilas tentang tanqihul qoul

Kitab tanqihul qoul dikarang oleh syech nawawi al-bantani yang merupakan salah satu ulama nusantara yang masyhur dan terkenal. Beliau dikatakan seorang ulama yang menguasai semua bidang ilmu dan karya nya pun di-I’tiroh oleh para ulama yang sejaman dan selepasnya.

Tanqihul qoul berisi tentang hadits-hadist fadhoil amal, penyajiannya secara tematik yang terdiri dari 40 bab pembahasan, di antaranya adalah bab ilmu, keutamaan laailahaillah, Fadhilah bismillahirrahmanirrahim, keutamaan sholawat, keutamaan iman, keutamaan wudhu, keutamaan diwakili, keutamaan wudhu, sholat jama'ah, keutamaan sholat Jum'at, keutamaan surban, puasa, keutamaan Zakat dan shodaqoh dan masih banyak lagi yang di ulas di dalam kitab tanqihul qoul ini.

Kitab ini tergolong kitab yang kecil namun, hampir semua aspek atau nuansa dibahas di dalamnya seperti nuansa teologis, fiqih, sosial, sifistik, dan lain sebagainya.

Bentuk penyajian kitab ini adalah global karena hanya dalam pemaparanya disinggung sedikit penjelasan walaupun terkadang mencantumkan hadits-hadits terkait, perawi-perawinya dan hikayat-hikayat yang berhubungan dengan hadits tersebut.

Walaupun kitab ini kitab kecil, tapi apa yang terkandung di dalamnya penuh sarat dan makna.

Tanqihul qoul ini sangat di rekomendasikan bagi para da'i dan penceramah, karena di dalamnya berisi hadist-hadist pendek yang tentunya sangat mudah untuk di hafalkan.


Unduh tanqihul qoul makna pesantren

Bagi sahabat mangan ENAK9 yang mau mempelajarinya dan mengkaji kitab tanqihul qoul bisa mendapatkannya di sini dalam versi makna pesantren.

Silahkan klik tautan di bawah ini untuk mengunduhnya.

NAMA KITAB : tanqihul qoul

PENULIS         : syech Nawawi Al Bantani

BAHASA         : Arab makna pesantren

HALAMAN    : 63

FORMAT        : Pdf


UNDUH

Harapan kami semoga bisa bermanfaat. 


Post a Comment for "Kitab Tanqihul qoul makna pesantren"